puisi-puisiku

6.30.2011

Nyanyian Hujan

Aku adalah benang perak
yang dijatuhkan Tuhan dari ketinggian
alam menangkapku
dan menghiasi lembah-lembah
Aku adalah mutiara indah
yang dijatuhkan dari mahkota Astarte
anak perempuan pagi mencuri
dan menebarkannya di atas bumi

Aku menangis
dan bukit-bukit tersenyum
aku direndahkan
sedangkan bunga-bunga menjaga ketinggian kuncupnya
Awan dan bumi adalah sepasang kekasih
dan aku adalah pelayan yang pergi diantara mereka
aku menangis
dan menghilangkan dahaga salah satunya
dan menyembuhkan penyakit bagi yang lainnya
Sambaran halilintar dan kilatan halilintar
menunjukkan kedekatanku
pelangi adalah lengkungan kemenangan di akhir perjalanan
kehidupan bumi dimulai di bawah kaki kemarahan
dan berakhir dalam tangan-tangan kematian yang damai
Aku muncul dari dalam danau
dan melayang tinggi di atas sayap-sayap berbulu lembut
saat aku melihat taman-taman yang indah
aku merunduk dan mencium bunga-bunganya
memeluk ranting-rantingnya
Dalam kesunyian aku mengetukkan
ujung jariku yang halus di atas jendela kaca
dan ketika itu sepi berpadu dengan nyanyian
dimana jiwa yang peka dapat memahami
Aku dibawa oleh panasnya udara
lalu aku membunuhnya
mungkin pula seorang wanita menjadi tuan laki-laki
melalui kekuasaan yang dia cabut dari laki-laki itu
Aku adalah tarikan nafas lautan
aku adalah airmata langit
aku adalah senyuman bumi
begitu juga cinta adalah tarikan nafas
dari lautan perasaan, airmata langit
dan senyuman dari bumi sang jiwa

Tidak ada komentar:

Pengikut