puisi-puisiku

6.30.2011

Nyanyian Keindahan

Laki-laki adalah kekasihku
dan aku adalah kekasihnya
aku menggairahkannya
dan dia terbakar olehku
Tetapi ketakutan
aku memiliki pasangan dalam cintanya
yang membuatku nmenyengsarakan dan menyakitinya
istri keduanya bernama masalah

yang mengikuti ke mana pun kami pergi
seorang penonton yang selalu memisahkan kami
Aku mencari kekasihku di kedalaman
diantara pohon-pohon dan disamping danau
tetapi aku tak menemukannya
Masalah telah memperdayakan
dan melarikannya jauh ke kota
menuju kegaduhan, korupsi dan kesengsaraan
Aku mencarinya di ruang-ruang pengetahuan
dan dalam kuil-kuil kebijaksanaan
tetapi aku tak menemukannya
Masalah, dia yang selalu berpakaian debu
telah menuntunnya menuju pertahanan
kepentingan diri sendiri
tempat ketidak pedulian tinggal
Aku mencarinya di bumi kesenangan
tapi tidak menemukannya
karena musuhku telah merantainya
dalam gua kerakusan dan nafsu birahi
Kupanggil dia saat fajar
ketika timur sudah diisi dengan kesenangan
tetapi ia tidak mendengarku
karena matanya telah berat dengan kerakusan
Kubelai dia pada malam
saat kegelapan menjadi kesunyian dan bunga-bunga tidur
tetapi dia tidak membalasku dengan perhatian
karena dia pikir itu adalah
perhatian seseorang di pagi hari
Kekasihku mencintaiku dan mencariku
dalam ciptaan-ciptaannya
tetapi dia hanya menemukanku
dalam ciptaan-ciptaan Tuhan
Dia mencari penyatuan bersamaku
di istana kejayaan
yang dia bangun di atas tengkorak kelemahan
atau dalam emas dan perak
Tetapi aku akan muncul padanya
di rumah sederhana yang dibangun Tuhan
di atas gundukan arus-arus perasaan
Dia mencari untuk menciumku
di hadapan penguasa dan pembunuh
tetapi aku hanya akan mengijinkannya
merasakan mulutku dalam kesunyian
diantara murninya bunga-bunga
Dia akan membuat penipuan diantara kami
tetapi aku tidak bermaksud
untuk menyelamatkan perbuatan yang tidak tercemar
yang tidak untuk diri sendiri
Kekasihku telah belajar menangis dan meratap
dari musuhku yang bernama masalah
namun aku akan mengajarinya meneteskan airmata
permohonan dari mata hatinya
dan menyesali seperti dia mencari kepuasan
Kekasihku adalah milikku
dan aku adalah miliknya

Tidak ada komentar:

Pengikut